Khamis, 14 Februari 2013

Tips Memilih Kacamata

Assalamualaikum

Kacamata atau sunglasses walaupun awalnya diciptakan untuk membantu penglihatan atau melindungi mata dari sinar matahari, namun sehingga kini kacamata sudah menjadi sebahagian dari trend di dunia fashion. Pemilihan  frame kacamata yang tepat dapat membuat wajah anda terlihat semakin menarik . Yang penting adalah anda harus megetahui  bentuk frame seperti apa yang paling sesuai dengan wajah anda. Oleh karana itu, anda harus mencubanya satu persatu kacamata yang sedia ada di kedai cermin mata. Supaya akhirnya tidak pening memilih kacamata seperti apa yang sesuai dengan anda, ada baiknya membaca tips-tips berikut terlebih dahulu sehingga nantinya anda dengan mudah dapat memilih kacamata atau sunglasses yang terbaik sesuai dengan bentuk wajah anda.

Secara umu bentuk wajah manusia dibagi menjadi tujuh jenis wajah yang berbeza, iaitu: Oval, Persegi (Bujur Sangkar), Bulat, Oblong (Persegi Panjang), Segitiga, Hati, dan Diamond. Agar tips ini lebih menarik, disini juga diberikan contoh  jenis wajah yang  dimaksudkan.

Oval Julia Roberts Memiliki Wajah Oval

Bentuk wajah oval merupakan bentuk yang ideal karana memiliki proporsi yang seimbang. Area dagu sedikit lebih sempit daripada dahi dan memiliki posisi tulang pipi yang tinggi. Banyak bentuk frame yang sesuai dengan jenis wajah seperti ini. Namun untuk melihat lebih sesuai dan seimbang, pilih frame kacamata yang sedikit lebih lebar daripada bagian terluas wajah anda. Tips lainnya adalah pilih frame berbentuk persegi  agar sudut wajah terlihat lebih jelas. Hindari frame dengan ukuran terlalu besar.


Wajah Oval Dengan Frame Model Persegi & Bentuk Lainnya dan Tidak Terlalu Besar


Persegi (Bujur Sangkar)

Brad Pitt Memiliki Wajah Persegi

Seperti Brad Pitt, wajah persegi memiliki garis rahang yang besar, dahi lebar, dan dagu persegi sehingga proporsi antara panjang dan lebar muka sama besar. Untuk membuat wajah persegi terlihat lebih panjang dan memberikan efek sudut yang lembut, cubalah model bingkai yang sempit. Boleh juga menggunakan bentuk oval, bundar, butterfly, atau frame dengan temple (lengan kacamata yang menampal pada telinga) menampal di tengah lensa atau berhubungan dengan bingkai bahagian atas lensa. Hindari menggunakan kacamata berbentuk kotak karana akan membuat wajah terlihat lebih kaku. Juga hindari temple yang menampal pada bagian bawah bingkai lensa karana akan memberikan penekanan pada area dagu.


Wajah Persegi Dengan Frame Model Butterfly, Bingkai Menempel Di Atas Lensa, Atau Temple Menempel Di Tengah

Bulat

Cameron Diaz Memiliki Wajah Bulat

Seperti Cameron Diaz, bentuk wajah ini memiliki pipi yang penuh, garis lengkung bulat (tidak bersudut), dan memiliki ukuran yang sama antara panjang dan lebar wajah. Untuk itu, agar wajah bulat terlihat lebih kurus dan panjang, cuba gunakan frame dengan bentuk persegi. Anda juga boleh menggunakan frame yang memiliki sudut geometri untuk menajamkan bentuk wajah anda. Atau pilih bentuk frame yang dapat menarik perhatian pada area wajah bahagian atas seperti frame dengan temple yang terhubung dengan bahagian atas dari bingkai lensa. Pilih bentuk bridge (bahagian kacamata yang membantu pada hidung) yang jelas agar dapat melebarkan mata anda. Hindari menggunakan frame bentuk bulat karana membuat wajah anda semakin bulat, dan hindari frame yang terlalu besar karana wajah anda akan terlihat semakin pendek.


Wajah Bulat Dengan Frame Bersudut runcing, Temple menampung Pada Bingkai Atas, Atau Model Persegi

Oblong

Denzel Washington Memiliki Wajah Oblong

Contohnya Denzel Washington, ini adalah bentuk dimana wajah terlihat lebih panjang dibandingkan lebarnya, memiliki garis pipi yang panjang, bahkan juga kadangkala memiliki hidung yang panjang. Oleh karana itu, agar wajah terlihat lebih pendek dan seimbang, cubalah untuk memilih bentuk frame yang lebih dalam dan lebar. Gunakan kaca lensa yang lebar. Pilih bentuk temples (lengan kacamata) yang dekoratif atau kontra agar wajah dapat terlihat lebih lebar, atau pilih bridge yang rendah agar wajah terlihat lebih pendek. Hindari bentuk frame yang kecil dan sempit kerana semakin panjang bentuk wajah anda.
Wajah Oblong Dengan Frame Model Lensa Lebar Atau Dengan Tempel Yang Dekoratif



Segitiga

Renee Zelweger Memiliki Wajah Segitiga

Sepert Renee Zelweger, bentuk wajah segitiga memiliki dahi yang sempit serta pipi dan dagu yang lebih lebar. Oleh kerana itu, untuk melihat bahagian atas yang sempit agar terlihat lebih lebar, cubalah frame yang memiliki warna atau detail yang kuat pada bagian tengah sampai ke bagian atas bingkai. Misalnya: bentuk semi rimless (bingkai yang hanya menutupi setengah lensa ke atas), bentuk “cat eye”, atau bingkai dengan bahagian atas yang tebal . Hindari bingkai dengan bahagian temple yang rendah atau frame yang sempit.



Wajah Segitiga Dengan Frame Model Bingkai Atas Tebal, Cat Eye, Atau Semi Rimless

Hati

Jennifer Memiliki Wajah Hati

Seperti Jennifer Aniston, bentuk wajah hati memiliki bagian yang lebar pada bagian dahi dan tulang pipi dan akan semakin meruncing sampai bagian dagu. Untuk meminimalkan bagian atas wajah yang lebar, cobalah bentuk frame yang lebih tebal pada bagian bawahnya. Bisa juga memilih frame dengan bagian temple yang rendah atau bentuk frame bulat untuk mengurangi area pada dahi. Gunakan frame dengan warna dan bahan material yang ringan, misalnya model frame rimless (lensa tanpa bingkai). Hindari: frame dengan bingkai atas yang tebal atau temple yang memiliki dekorasi, karena membuat wajah bagian atas semakin jadi pusat perhatian dan akan terlihat lebih besar.



Wajah Hati Dengan Frame Model Temple Rendah, Tebal Di Bahagian Bawah, Atau Rimless

Diamond

Linda Evangelista Memiliki Wajah Diamond

Seperti Linda Evangelista, bentuk wajah diamond memiliki jarak antara garis rahang dan area mata yang sempit, dan memiliki tulang pipi yang menonjol dengan dagu yang sempit. Oleh karena itu untuk memfokuskan pada area mata dan mengurangi bentuk tulang pipi, cobalah frame yang memiliki garis yang detail dan kuat pada bagian alis seperti model cat eye. Solusi lain adalah frame rimless atau frame oval, agar tulang pipi terlihat lebih bercahaya. Hindari frame dengan model sempit agar batas mata tidak terlihat semakin sempit.


Wajah Diamond Dengan Frame Model Oval, Cat Eye, Atau Rimless


Semoga tips ini bermanfaat untuk anda, selanjutnya anda boleh berjumpa dengan optician di tempat anda.

 

6 ulasan:

Unknown berkata...

suka tengok mereka2 yang pakai spek...

Bunda_nora berkata...

lepas ni bolih lah rujuk sikit tips ni...tkasih berkongsi..

haryati berkata...

erm...sy kategori pe ye? rasanye oval tu kot

MAMA AINUL berkata...

saya pengguna cermin mata bila memandu dan tengok tb :D

tapi saya takpasti muka saya yang mana satu :P

Farah Waheda Wahid berkata...

penting untuk memilih yang bersesuaian dengan muka kita supaya tidak kelihatan 'funny' di mata orang lain dan juga diri sendiri... he he he...

Tanpa Nama berkata...

very gd tips ni

Baca Lagi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...